KEEP Your Smile & Your Heart .

^_^ IT'S MY BLOG ^_^

Minggu, 25 Januari 2015

2 Anak Emas Suemenepku

Sumenep, tak jarang orang mengetahui nama daerah ini. Sumenep adalah salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura atau yang lebih dikenal dengan Pulau Garam. Merupakan ujung timur pulau Madura tak menjadikan kabupaten ini menjadi yang terbelakang. Sejak tahun 2014 Kabupaten Sumenep mempunyai julukan kota "keris", dimana kabupaten ini merupakan kabupaten yang memproduksi keris paling banyak hingga di ekspor ke luar negeri. Tidak hanya sampai disitu, Sumenep juga mempunyai berbagai potensi alam yang menarik untuk kita bahas mulai dari kebudayaan, Sejarah, Adat istiadat hingga tempat wisata. Nah bicara tempat wisata, Kabupaten Sumenep juga tak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia yang memiliki daerah wisata menakjubkan. 

Siapa sangka kabupaten Sumenep ini adalah kabupaten yang memiliki pulau di perairan terbanyak di Pulau Madura. Oleh sebab itu Kabupaten Sumenep memiliki 2 "anak emas" yang menjadi kebanggan, Gili Iyang dan Gili Labak. Mungkin masyarakat Indonesia yang belum pernah mengunjungi sumenep akan merasa sedikit asing dengan daerah tersebut,Oleh karena itu kita akan bahas lebih dalam lagi. 

Mempunyai nama depan yang sama tak lantas dua daerah ini memiliki kesamaan potensi yang sama. Yang sama adalah luas dari pulau-pulau ini membuat nama mereka sama "gili" yang berarti kecil. Mari kita bahas satu persatu dari pulau-pulau kecil nan menawan ini.

Gili Iyang, merupakan Pulau yang terletak di Utara Kabupaten Sumenep, tidak banyak yang menghuni pulau ini pun masih jauh dari peradaban maksudnya listrik belum mengalir kedaerah sini, tapi meski begitu pualu ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki daerah-daerah lain di Indonesia bahkan dunia. Daerah ini menurut penelitian yang dilakukan oleh  Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memiliki kadar oksigen paling banyak didunia yaitu sebanya 21,5 %. Tak heran jika masyarakat daerah ini umumnya berumur rata rata hingaa 100 tahun ke atas, bahkan ada yang berumur 175 tahun. Selain itu di Pulau Gili Iyang juga terdapat 17 gua, dan beberapa pantai yang wajib untuk di kunjungi . Dari waktu ke waktu Pulau Gili Iyang ini juga mempunyai julukan "Pulau Awet Muda" Nah bagi para traveler tempat ini meruapakan destinasi wajib yang harus kalian kunjungi jika berwisata ke Pulau Madura.

Pantai Gili Iyang
Sumber : Tour Guide Association Jokotole
Salah Satu Gua di Pulau Gili Yang
sumber: platm.com

Sekarang giliran Pulau Gili Labak. Berbeda dengan Pulau Gili Iyang, pulau Gili labak ini mempunyai pesona alam yang sangat luar biasa yaitu pantainya yang sangat indah mempesona. Tak kalah dengan Bali ataupun Lombok, Pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang masih alami. Gili Labak terletak di perairan Timur Kabupaten Sumenep. Untuk ke pulau ini di perlukan menyebrang sekitar 2 jam. Namun lama perjalanan yang ditempuh akan terbayar dengan apa yang didapat ketika sampai ke tujuan. Hamparan pasir putih yang membentang sepanjang pantai, Jernih pantai yang menampakkan keindahan bawa laut membuat Pantai ini layak disebut dalam salah satu "The Paradise Of Indonesia"

Citra Pualu Gili Labak dari Satelit

Bagi para Traveler yang menyukai snorkling, pantai ini  juga menyuguhkan keindahan bawa laut yang menarik untuk dijelajahi. Terumbu karang dan taman bawah laut yang masih alami dan belum tersentuh membuat Pantai ini semakin eksotik. 

Juga bagi pencinta Pantai maka tak nikmat rasanya jika tak menikamti sunset atau sunrise disini. Jangan khawatir , Pantai Gili Labak mempunyai keduanya, kita bisa menikmati sunset saat pagi dan sunrise saat menjelang petang. Sungguh Ciptaan Tuhan yang luar biasa. Tak jarang pulau ini juga dijadikan sebagai lokasi untuk foto PreWedding bagi pasangan pasangan yang akan menikah. Jadi tunggu apalagi, siapkan diri kalian untuk menikmati perjalanan yang luar biasa ini.



Suasana SunRise di Pulau Labak

Suasana SunSet di Pualu Gili Labak





"Tak ada yang melarangmu melakukan perjalanan, pergilah langkahkan kakimu sejauh mungkin telusuri jalan jalan yang tak pernah kamu singgahi, Amatilah tingkah orang orang asing yang kamu temui di perjalanan. Tapi sejauh jauhnya kaki melangkah Jangan lupa kembali, dan ceritakan bagaimana perjalanan hebat yang telah kamu buat setelahnya"

Reaksi:

0 komentar: